Jumat, 27 Maret 2009

Ukdw Sustain or not Sustain

Ukdw sustain or not sustain


Universitas kristen duta wacana adalah salah satu universitas bagus di Yogyakarta. Terletak di jalan wahidin. Sejarah Ukdw merupakan universitas yang mengalami perkembangan dari sekolah tinggi teologia berubah menjadi universitas umum. Dimana kedudukannya di jogja ini cukup mampu bersaing dengan kampus-kampus yang lain nya. Keadaan gedungnya saja dulu juga tidak sebesar saat ini. Baik dilihat dari luar maupun dalam duta wacana mengalami perubahan yang sangat dapat dibilang hebat.Melihat dari sejarahnya duta wacana mengalami masa transisi yang cukup menantang dari sekolah khusus berubah menjadi kampus umum. Dari yan awalnya cuma teologia,sekarang ada arsitektur,informatika,biologi,system informasi dan ekonomi. Dengan tanpa takut dengan berbagai tantangan yang ada, duta wacana terus melaju dengan cepat dan dapat bersikap stabil dengan mengikuti arah perkembangan dunia pendidikan yang makin maju saja. Duta wacana terus menunjukan penigkatannya baik dari dalam maupun dari luar. Dari dalam tampak jelas sekali dengan bertambahnya jumlah fakultas,mahasiswanya,teknologi pengajarannya,jumlah pengajarnya, serta masih banyak lagi. Sedangkan dari luar dapat dilihat gedung-gedungnya yang sekarang bertambah besar dan lebih tampak modern daripada dulu. Terus dari daerah sekitarnya, ukdw juga mendapat sambutan yang baik. Karena tampak terlihat faktor-faktor pendukung dalam kelancaran jalan nya kegiatan kampus pun sudah memenuhi. Tampak sudah banyk dibuka kos-kosan,tempat makan,took buku,fotocopyan dan banyak yang lainnya.

Dari semua ini apakah UKDW akan tetap sustain atau tidak sustain?. Melihat dari perkembangan yang ada saya menyatakan UKDW akan tetap sustain. Dapat saya jelaskan dengan faktor-faktor spatial patern dibawah ini.

1.physichal element


dilihat dari faktor ini duta wacana mempunyai bangunan yang cukup memadai dengan berbagai gedung yang sesuai dengan kebutuhan fakultas yang ada. Serta dapat dilihat sepertinya dari gedung-gedung duta wacana sendiri masih kokoh buat beberapa tahun kemudian. Saya pikir dengan penambahan gedung-gedung yang terus berlangsung juga akan menambah sustain nya ukdw. Mahasiswa yang dimiliki duta wacana juga semakin banyak adanya tiap tahun.tampak sekali dalam parkiran mahasiswa yang semakin penuh,serta tempat-tempat makan yang sampai tidak muat dan penambahan-penambahan gedung baru. Dengan penambahan mahasiswa otomatis akan bertambah dosen serta karyawan-karyawan. Jadi ini menunjukan ukdw sustain semakin nyata.


Dilihat dari lingkungannya, pengaruh bagi duta wacana adalah adanya bangunan-bangunan yang mendorong aktivitas duta wacana. Seperti tempat makan semakin banyak, munculnya toko-toko buku, makin maraknya dibuka banyak kos-kosan serta toko-toko alat tulis.

2.Perception.


dari duta wacana , sudah tersedia berbagai macam fasilitas yang dapat dibilang sudah memadai. Dari pengajaran yang sudah memakai komputer,pemakaian ac,serta pelayanan internet,multimedia,kantin,koperasi serta masih banyak yang lainnya. Dapat kita lihat dulu kampus yang hanya berupa sekolah tinngi teologia sekarang berkembang pesat menjadi kampus umum. Yang digunakan sepenuhnya untuk proses belajar.


Dari lingkungannya, tampak berbagai fasilitas seperti layanan internet,perpustakaan umum (perpusda yang tidak terlalu jauh),warung-warung,toko buku dan toko alat tulis. Yang sepenuhnya buat pelayanan umum. Termasuk ukdw.

3.Activities


dari duta wacana adalah mahasiswa,dimana mahasiswa duta wacana terus melakukan kegiatan belajar dan terus mencari wawasan dan pengetahuan sesuai peningkatan jaman yang ada sehingga mahasiswa ukdw tidak ketinggalan dengan kemajuan mahasiswa kampus yang lain. Dosen, mereka juga aktif memberikan bimbingan dan informasi-informasi. Serta para karyawan-karyawan yang tampak selalu aktif tiap jam kerjanya. Contohnya belajar diruang kelas, karyawan di kantor-kantor biro, serta auditotium yang sering digunakan untuk seminar dan tempat parker yamg selalu penuh.


Dari lingkungan, tampak jelas dari banyak nya para penjual makanan yang siap melayani konsumsi-konsumsi mahasiswa serta para dosen nya. Didepan duta wacana juga terdapat toko buku yang siap memberikan pelayanan dalam penyediaan buku-buku. Begitu juga penjual alat tulis juga sudah siap beraktivitas melayani para pembeli.

4.Time.


Duta wacana melakukan kegiatannya sudah disesuaikan dengan jadual baik dari jam kerja dosen, mahasiswa sampai karyawan-karyawannya. Aktif kegiatan mengajar biasanya dari page sampai sore dan penutupan kampus sampai malam hari. Yaitu libur hari sabtu dan minggu saja.


Sedangkan dari lingkungan kampus juga sama kebanyakan dari pengaruh-pengaruh yang ada selesai beraktivitas pada malam hari dan setelah itu sudah diganti dengan aktivitas banyak orang berjualan disekitar duta wacana yaitu di trotoarnya.

Saya melakukan penjabaran ini sesuai dengan refrensi saya di www.astudio.id.or.id.


Jadi , kesimpulan saya duta wacana akan Tetap Sustain, sesuai dengan penjabaran diatas. Apalagi sekarang dipacu dengan berbagai penambahan fasilitas dan penambahan bangunan-bangunan baru. Serta didukung dengan banyaknya mahasiswa yang masuk ini menandakan kemungkinan besar dimasa berikutnya ukdw akan tetap berkembang terus. Begitu juga dengan pengaruh-pengaruh lingkungan yang selalu mendukung akan membuat duta wacana makin sustain dimasa yang akan datang. Dan tentunya lebih baik dan lebih baik. Semangat kampusku,…Duta wacana Crhistian university.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar